MEMAHAMI GAYA BELAJAR ANAK- Menjahit baju- Day 10

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَٰنِ الرَّحِيم

“Iiiihh Bunda bajunya kepanjangan tuuh, jadi kotor bawahnya” Celoteh launa
“Iya, habisnya belum alter nih” sahut saya
“Besok deh aku potongin bajunya” ujarnya menawarkan diri

Mesin jahit mainannya memang praktis sekali, bisa dibuat menjahit sungguhan, tapi hanya untuk bahan2 yang tidak tebal. Biasanya dia gunakan untuk membuat tempat pencil atau pouch kecil. Baju saya pun langsung diletakkan dilantai, kemudian baju contoh dengan ukuran panjang yang pas diletakkan diatasnya, agar dia mudah dalam memotong. segara saja dia mencari kapur untuk memberikan batas potongan baju, dan dilebihkan untuk lipatan. Kemudian memasangkan benang yg sesuai dengan warna yang senada dengan baju. Kalau seperti ini condong pada gaya belajar Kinestetik karena ciri spesifiknya adalah belajar melalui manipulasi dan Praktik.

“Bun, aku ga punya benang abu-abu, pakai warna hitam putih aja ya nanti kan jadinya seperti abu-abu” usulnya. Saya hanya mengiyakan saja, karena terus terang hanya tau percampuran warna untuk painting atau mewarnai saja, kalau menjahit belum pernah mencoba. ” Jadi yang luarnya hitam nanti jahitan dalamnya putih” tambahnya sambil memotong bagian bawah baju. Saya melihat sekilas dan mengangguk-angguk lalu meneruskan persiapan props untuk mem-photo Lupis yang baru saja matang untuk content account Instagram hari ini. 

“Duuuhh ini gimana sik, kok gak mau masuk” keluhnya, “aku break sebentar ya bun, nanti aku terusin” Launa melangkah ke meja makan, menyendok nasi uduk, telur dan kerupuk lalu meletakkan hape didepannya. Hampir saya mau memarahinya karena membuka youtube lagi, komitmennya sehari hanya 1 jam saja dan ini sudah lebih dari jamnya. Tapi saya mengurungkan niat marah, karena link yang dibuka adalah mengenai menjahit dengan mesin yang sama seperti dia miliki. Saat terbentur menghadapi masalah, gabungan gaya belajar Visual dan auditorial membantu untuk memberikan solusi.  

“Nah, udah selesai nih bun, coba dipake” seru launa dengan senyum sumringah
“Oh udah jadi kak” saya langsung menyambut baju itu dari tangannya dan memakainya. “Wah oke nih, gak kepanjangan lagi” saya kegirangan karena ini berarti menghemat $10 untuk meng-alter baju dipasar. 
“Bunda masih punya 3 baju lagi yang kepanjangan kak” 
“Whaaaa??? kok banyak banget bun.. klu itu nanti lagi yaaa aku capeeeekk sekarang” spontan launa menjawab dan menggeloyor masuk ke kamar.

baju yang akan dipotong
memasang benang jahit

#Day10
#Kuliahbundasayang
#Gayabelajaranak
#Gamelevel4
#AsmoroFam

Leave a comment